Kepel | buah kepel dan manfaatnya

Kepel | buah kepel dan manfaatnya

 

Tumbuhan kepel atau burahol (Stelechocarpus burahol) adl tumbuhan penghasil buah hidangan meja yg mnjd flora identitas Daerah Istimewa Yogyakarta & di Tanah Pasundan yg jg dikenal sbg Burahol. Buah kepel digemari puteri kraton-kraton di Jawa krn diprcy mnybbkn keringat beraroma wangi dan membuat air seni tdk berbau tajam.

Pemerian

Pohon tegak, tdk merontokkan daun secara serentak, tingginya mncp 25 meter. Tajuknya teratur brbntk kubah meruncing ke atas (sprt cemara) dg percbngn mendatar atau agak mendatar. Diameter batang utamanya mcp 40centimeter,brwrn coklat-kelabu tua sampai hitam, yang scr khas tertutup oleh banyak benjolan yang besar-besar. Daunnya brbntk lonjong-jorong sampai bundar-telur/bntk lanset, berukuran (12-27) centmeter  × (5-9) centmeter, berwarna  hijau gelap, tidak berbulu, merontal tipis; tangkai daunnya mencapai 1,5 centmeter panjangnya. Bunganya berkelamin tunggal, mula-mula berwarna  hijau kmdn berubah menjadi keputih-putihan, muncul pada tonjolan-tonjolan di batang; bunga jantannya terletak di batang sebelah atas dan di cabang-cabang yang lebih tua, berkmpl sbnyk 8-16 kuntum, diameternya mncp 1 centmeter; bunga betinanya hny berada di pangkal batang, diameternya mencapai 3 centmeter. Buahnya dengan 1-13lmbr daun buah bertipe mirip buah buni (berrylike ripe carpels), panjang tangkai buahnya mencapai 8 centmeter; daun buah yang masak hmpr bulat bntknya, brwrn  kecoklat-coklatan, diameternya 5-6 centmeter, perikarpnya berwarna  coklat, berisi sari buah, dpt dimkn. Bjnya berbentuk menjorong, berjumlah 4-6 butir, panjangnya sekitar 3 centmeter, berat segar 62-105 g, serta bgn yg dpt dimkn sbnyk 49% dan bijinya 27% dr berat buah segar.

Manfaat

Buahnya yg matang dimakan dlm keadaan segar. Disebutkan bahwa dagingnya yg brwrn  jingga dan mengandung sari buah itu memberikan aroma seperti bunga mawar brcmpr buah sawo pada ekskresi tubuh (seperti air seni, keringat, & napas). dalam pengobatan, daging buahnya berfungsi sebagaipeluruh kencing, mncgh radang ginjal dan mnybbkan kemandulan (sementara) pd wanita. Jd, kepel ini oleh para wanita bangsawan dgnkn sebagaiparfum & alat KB; di Jawa, penggunaannya scr tradisional trbts di Kesultanan YogyakartaKayunya cocok untuk perkakas rumah tangga; batangnya yg lurus setelah direndam bbrp bln dalam air, digunakan untk bhn bangunan rumah &diberitakan tahan lebih dari 50 tahun. Kepel merupakan tumbuhan hias pohon yang indah, daunnya yg muncul secara serentak brbh dari merah muda pucat menjadi merah keunguan sebelum brbh lg mnjd hijau cemerlang. Perawakan pohonnya berbentuk silindris atau piramid dengan bnyk cabang lateral yg tersusun secara sistematik, & sifatnya yg kauliflor (cauliflory) menambah keindahannya.

Syarat Tumbuh

Kepel tmbh liar pd tanah lembap dan dalam, di hutan-hutan sekunder di Jawa. Dibudidayakan sbg pohon buah pada ketinggian mencapai 600 meter dpl, dan mau berbuah di Queensland. Jenis ini dapat tumbuh baik di sela-sela rumpun bambu, yg di tempat itu pohon-pohon lain tidak mampu bersaing.

Budidaya

Kepel umumnya diprbnyk dr bj yang diambil dari buah masak & disemaikan scptnya. Penyetekan dan pencangkokan sdh prnh dicoba, tetapi tdk brhsl. Benihnya dibersihkan dengan jln dicuci dan dikeringkan di tempat teduh. Sblm disemai benih diskarifikasi, ttp prkcmbhnnya masih membutuhkan wkt beberapa bln. Lambat-laun persentase prkcmbhnnya tinggi juga. Prkcmbhnnya hipogeal, akar tunggangnya membengkak & tidak brcbng untuk bbrp wkt. Mula-mula semai itu tmbh lambat. pada saat semai berdaun 3-5 helai, dipindahtanamkan ke dalam pot.Ketika tingginya mencapai 0,5-1,0 m bibit dipindahtanamkan ke lapangan dg jarak tnm 6-8 meter. Fase yuwananya (vegetative phasejuvenile phase) brlngsng slm 6-9 tahun.

Pemeliharaan

Hama dan Penyakit

Belum ada lprn mengenai hama & penyakit yg berbahaya, tetapi pohonnya harus dijaga dr serangan kelelawar dan binatang pengerat.

Panen dan Pasca Panen

Buah kepel dianggap masak bl digores kulitnya terlihat bagian bawahnya brwrn  kuning atau coklat muda (jika brwrn  hijau, buah masih belum masak). untuk menjaga kualitas, buah kepel dibngks 1-2 bln sebelum dipanen, menggunakan anyaman bambu atau daun kelapa atau kantung plastik. Buah dikemas dlm keranjang atau karung & hendaknya diperlakukan dengan hati-hati; buah kepel dpt brthn dismpn 2-3 minggu pd suhu ruang

 

2019-02-26 13:50:16 * 2019-02-26 13:26:14

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Kepel | buah kepel dan manfaatnya adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Kepel | buah kepel dan manfaatnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close
WhatsApp Stokbibit