Kurma (pohon) | bentuk pohon kurma

Kurma (pohon) | bentuk pohon kurma



Gambar untuk Kurma (pohon) + bentuk pohon kurmaKurma (pohon) Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas id wikipedia org wiki Kurma_(pohon)CacheMiripPohon Kurma diyakini berasal dari sekitar Teluk Persia dan telah Bentuk buahnya lonjong silinder dengan panjang 3 7 cm, berdiameter 2 3 cm dan ketika   Kurma, Pohonnya Bisa Hidup sampai 100 Tahun Islampos islampos kurma pohonnya bisa hidup sampai 100 tahun 28900 CacheKURMA Pasti kita sudah mengetahuinya dengan baik Yang agak kurang diketahui adalah bagaimana bentuk pohonnya Pohon kurma bernama latin Phoenix  Bagaimana Cara Agar Pohon Kurma Berbuah di Indonesia? Ini wajibbaca 2018 08 pohon kurma htmlCache14 Ags 2018 Karena bunga yang terdapat pada pohon kurma betina akan berbentuk seperti bunga pohon kelapa yang umumnya meiliki pentol Sedangkan  Cara Membedakan Pohon Kurma Jantan dan Betina, WAJIB BACA wajibbaca cara membedakan pohon kurma jantan dan betina htmlCache15 Ags 2018 Pohon kurma merupakan tanaman jenis dioecious, yaitu terdiri dari bentuk mancung bunga jantan juga lebih besar (gemuk berisi), juga  "Amazing", Kurma Berbuah Lebat di Indonesia oleh Abbaz Sukarno kompasiana amazing kurma berbuah lebat di indonesiaCache29 Nov 2018 Siapa sangka, pohon kurma yang awalnya didatangkan untuk agrowisata Warna dan bentuk kurma menunjukkan jenis kurma tertentu kurma thailand | Majalah Pertanian Trubus Online trubus online co id tag kurma thailand CacheMiripBentuk dinding tersebut mirip drum, tetapi bagian bawah berlubang Ketika itulah ratusan pohon kurma di kebunnya tengah menggendong tandan berisi  Ternyata Pohon Kurma Bisa Tumbuh & Berbuah di Sumut : Okezone news okezone ternyata pohon kurma bisa tumbuh berbuah di sumutCache22 Jul 2018 Unik memang sebatang kurma tumbuh di Desa Pangaribuan Kecamatan Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan Tapsel Sumutnbsp  Kurma Tumbuh Subur di Daerah Daerah Ini di Indonesia, Ada Yang malangtimes kurma tumbuh subur di daerahdaerah ini di indonesia ada yang jadi destinasi wisata Cache  Skor: 5   Diulas oleh Pipit Anggraeni16 Des 2018 Pohon kurma ditanam dengan jarak antara delapan hingga 10 Menurut Mahdi, pohon kurma dapat tumbuh subur di Indonesia Jadi, kini masyarakat yang sangat penasaran dengan bentuk asli dari pohon kurma pun tak  Panduan Lengkap Cara Menanam Pohon Kurma Dari Biji Agar ► 12:26 youtube watch?v=lHhWtW3ZmpY26 Okt 2017 12 menit Diupload oleh Bertani BuahPanduan Lengkap Cara Menanam Pohon Kurma Dari Biji Agar Cepat Berbuah Di

Menyediakan melayani penjualan pembelian jual beli bibit murah termurah Kurma (pohon) di Nusa Tenggara Barat, Papua Barat, Nusa Tenggara Barat, DI Yogyakarta, Jambi, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Aceh, Sulawesi Utara

Menyediakan melayani penjualan pembelian jual beli bibit murah termurah bentuk pohon kurma di Bolaang Mongondow Selatan, Morowali, Kab. Jember, Aceh Utara, Donggala, Kab. Jember, Lamandau, Kab. Rembang, Palopo, Pagar Alam, Kab. Ciamis, Sarolangun, Kepulauan Selayar, Lamandau,

Menyediakan melayani penjualan pembelian jual beli bibit murah termurah Kurma (pohon) | bentuk pohon kurma di Kec. Banyuputih, Kec. Karangdadap, Kec. Sindang Barang, Kec. Lakbok, Kec. S. Tualang Raso, Kec. Maulafa, Kec. Weru, Kec. Barus Jahe, Kec. Kandang Serang, Kec. Sibabangun, Kec. Toili, Kec. Kandangan, Kec. Sragi, Kec. Peulimbang, Kec. Ujan Mas, Kec. Muara Enim, Kec. Arcamanik, Kec. Dawuan, Kec. Jatinegara, Kec. Poso Pesisir Selatan

Kurma, (Arab: Tamr; nm latin Phoenix dactylifera) adalah tanaman palma (Arecaceae) dalam genus Phoenix, buahnya dapatdimakan. Wlpn tempat asalnya tdk dikth krn tlh sejak lama dibddykn, kmngkn pohon ini berasal dari tanah sekitar Teluk Persia[1]. Pohonnya berukuran sedang dengan tinggi sktr 15-25 meter, tmbh secara tunggal atau membentuk rumpun pd sjmlh batang dr sebuah sistem akar tunggal. Daunnya memiliki panjang 3-5 m, dengan duri pd tangkai daun, menyirip & memiliki sktr 150 pucuk daun muda; daun mudanya berukuran dengan panjang 30 cm dan lebar 2 centimeter . Rentangan penuh mahkotanya berkisar dr 6-10 m.

Etimologi
Nama varietas dactylifera "date-bearing" berasal dari Yunani kuno, dáktulos, "kurma" (juga "jari")[2] dan batang dr kata kerja Latin, fero, "Saya memberi".[3]

Sejarah Kurma
Kurma tlh menjadi makanan pokok di Timur Tengah slm ribuan tahun lamanya. Tanaman Kurma diyakini berasal dari sekitar Teluk Persia dan tlh dibudidayakan sjk zaman kuno dr Mesopotamia ke prasejarah Mesir, kemungkinan pada awal 4000 SM. Bangsa Mesir Kuno mnggnkn buahnya untuk dibuat menjadi anggur kurma & memakannya pada saat panen. Ada bukti arkeologi bddy kurma di bagian Arab timur pada tahun 6000 SM. (Alvarez-Mon 2006).

Pada zaman selanjutnya, orang Arab menyebarkan luaskan kurma di sktr Selatan dan Barat Daya Asia, bagian utara Afrika, Spanyol dan Italia. Kurma diprknlkn di Mexico & California, disktr Mission San Ignacio, oleh bangsa Spanyol pd thn 1765.

Buah
Buah yg dihasilkan oleh pohon kurma diknl sbg buah kurma.[4] Bntk buahnya lonjong-silinder dengan panjang 3-7 centimeter , berdiameter 2-3 centimeter &ktk masih muda warnanya merah cerah ke kuning trng, trgntng dari jenisnya. Kurma mempunyai biji tunggal yg ukuran panjangnya sktr 2-2,5 cm dan tebalnya 6-8 millimeter. Buah kurma diklmpkn menjadi tiga golongan utama yaitu: lunak (contohnya 'Barhee', 'Halaw', 'Khadrawy', 'Medjool'), semi-kering (contohnya 'Dayri', 'Deglet Noor', 'Zahidi') & kering (contohnya 'Thoory'). Varietas buah ini tergantung pd kandungan glukosa, fruktosa & sukrosa.
Tanaman kurma mrpkn tumbuhan spesies dioecious, yaitu mempunyai pohon jantan & betina yg hidup scr terpisah. Mereka bisa tmbh dengan mdh dari bakal bj, ttp hanya 50% pohon betina yang ditanam scr pembibitan akan berbuah, dan mnghslkn buah yg kecil serta berkualitas rendah. Sbgn besar prkbnn menggunakan perkmbngbkn stek pada tanaman, terutama pd kultivar 'Medjool' krn bisa menghasilkan panen yang banyak serta buah yg manis & besar. Pohon yg tumbuh dari cara stek akan berbuah 2-3 thn lebih awal daripada tumbuhan yang mnggnkn bibit.
Pembuahan dengan serbuk sari pada tumbuhan kurma dilakukan secara alami oleh angin tetapi pada perkebunan oasis tradisional & perkebunan modern, penyerbukan dilkkn secara manual. Penyerbukan alami pada pohon jantan dan betina, dapat trjd dg jumlah yg sama antr kedua pohon. Namun, bila dilkkn dengan bantuan, satu tanaman jantan bisa mnyrbk hingga 100 tanaman betina. Pohon jantan yang merupakan sbg penyerbuk, mmngknkn para petani mnggnkn smbr daya mereka untuk memproduksi lebih bnyk buah pada tumbuhan betina.

Bbrp petani bahkan tdk memelihara tumbuhan jantan, yg mana sbg bunga jantan, untuk menyediakannya di pasar lokal pada saat wkt penyerbukan. Pnyrbkn manual dikerjakan oleh pekerja terampil dg mnggnkn bantuan tangga untuk naik ke atas pohon. Di beberapa daerah seperti Irak, para pkrj memanjat tanaman dengan menggunakan alat pemanjat khusus, dimana alat trsbt mengitari batang pohon dan pendaki membuatnya ttp melekat pd bagasi saat mendaki. Jarang serbuk sari dapat ditrbngkn ke bunga betina dg angin.

Kurma matang dibagi mnjd empat golongan, yg mana dikenal di seluruh dunia dengan menggunakan penamaanArab yaitu, kimri (muda), khalal (berukuran penuh), rutab (matang, lembut), tamr (masak, dikeringkan dengan bantuan matahari).

Setiap 100 gram kurma segar bisa mengandung sumber vitamin C[butuh rujukan] dan energi sbsr 230 kcal (960 kJ). Air yg trkndng dlm kurma relatif sedikit & hal ini tidak mnjdknnya jauh lebih pekat pd saat proses pngrngn berlangsung, mskpn vitamin C-nya akanhilang.

Kurma mrpkn tanaman tradisional yang pntng di Turki, Iraq, Arab, Afrika Utara sampai ke Maroko. Di negara-negara Islam, kurma & yogurt atau susu adalah mknn tradisional yg utama untk berbuka puasa pada saat bulan Ramadan. Kurma (terutama Medjool & Deglet Noor) juga dibudidayakan di Amerika Serikat pdbagian selatanCalifornia, Arizona & bagian selatan Florida.

Tumbuhan kurma bisa berbuah setelah ditanam selama 4 sampai 7 thn dan bisa dipanen ktk tlh berusia 7 sampai 10 tahun. Tanaman kurma yang telah dewasa bisa menghasilkan 80-120 kg (176-264 lb) buah kurma pada setiap musim panennya. Agar mendapatkan buah yg berkualitas untuk bisa dipasarkan, tandan kurma hrs ditipiskan dan dibngks atau ditutup sebelum matang supaya buahnya bisa tumbuh menjadi lebih besar dan terlindungi dari cuaca & hama, seperti burung.

Makanan dari Olahan Kurma
Kurma kering atau lembut yang dimakan buatan tangan atau mungkin terlihat berbintik-bintik diisi dengan isian sepertialmond, kenari, manisan jeruk dan kulit lemon, tahini, marzipan atau krim keju. Kurma berbintik disebut juga kurma tanpa biji. Sebagian kurma kering berbintik kemungkinan berglasir dengan sirup glukosa untk digunakan sebagai makanan ringan. Kurma juga dapat dipotong & digunakan dalam berbagai hidangan manis dan gurih mulai dari tajines (untk puding) diMaroko, ka'ak (jenis kue kering Arab) dan makanan pencuci mulut lainnya. Kurma roti kacang, jenis kue, sangat populer diAmerika Serikat terutama menjelang hari-hari libur. Kurma juga diproses menjadi berbentuk dadu, pasta (yg disebut "ajwa"), olesan, sirup kurma atau "madu" yang disebut "dibs" atau "rub" di Libya, bubuk (gula kurma), cuka ataupun alkohol. Inovasi olahan terbaru antara lain kurma berlapis cokelat & produk-produk seperti jus kurma bersoda, yg digunakan di beberapa negara-negara Islam sebagaisampanye versi non-alkohol, untk acara-acara khusus & waktu keagamaan seperti Ramadhan.

Kurma juga bisa dikeringkan, ditumbuk & dicampur dengan gandum untuk membentuk bahan baku bergizi. Kurma kering dimakan oleh unta, kuda & anjing diSahara. Di Nigeria utara, kurma & lada ditambahkan ke dalam bir asli yg diyakini membuatnya untuk mengurangi mabuk.

Daun kurma muda dimasak & dimakan sebagai sayuran, seperti pangkal tunas atau jantung, meskipun pd saat pengangkatannya bisa membuat tanaman mati. Benih digiling halus dicampur dengan tepung untuk membuat roti pada saat sedang kelangkaan terjadi. Bunga-bunga kurma juga dimakan. Secara tradisional, bunga betina adalah bunga yang paling tersedia untk dijual dan beratnya 300-400 gram. Kuncup bunga digunakan dalam salad atau sebagai alas pd ikan kering untk membuat bumbu roti.

Menurut sebuah studi oleh Al-Shahib dan Marshall, dalam banyak hal, "Kurma bisa dianggap sebagai makanan yang hampir ideal, memberikan berbagai nutrisi penting dan manfaat kesehatan yg potensial." Kurma adalah sumber yang sangat baik untuk diet kalium. Kndngn gula pd kurma yang telah masak sekitar 80%; sisanya trdr dari protein, serat, dan elemen termasuk boron, kobalt, tembaga, fluor, magnesium, mangan, selenium, dan seng.[5]

Di India & Pakistan, Afrika Utara, Ghana, & Pantai Gading, tumbuhan kurma disadap untuk diambil getah manisnya, yang dikonversi mnjd gula kelapa (yg dikenal sebagai jaggery atau gur), sirup gula atau mnmn beralkohol. Di Afrika Utara getah yg diperoleh dr penyadapan tumbuhan palma diknl sbg lagbi. Jk dibiarkan untuk jangka wkt yang ckp lama (biasanya berjam-jam, tergantung pd suhu) lagbi dengan mdh dapat menjadi mnmn beralkohol. Ktrmpln khusus diperlukan pada saat penyadapan tumbuhan palma sehingga tidak mati.

Di bgn Tenggara Spanyol (di mana prkbnn besar kurma ada trmsk UNESCO dilndng Palmeral dr Elche) kurma (biasanya olahan dengan almondgoreng) disjkn terbungkus pada daging babi asap dan shallow goreng.

Itu juga dignkn untuk membuat Jallab.

Kegunaan Pohon Kurma
Biji kurma trsbt direndam dr bwh ke atas untuk dijadikan pakan ternak. Minyaknya cocok untk dgnkn dlm bntk sabun & kosmetik. Mrk jg dapat diolah scr kimia sebagai smbr asam oksalat. Benih-benihnya jg dibkr untuk membuat arang oleh pandai perak & bisa dirangkai mnjd kalung. Bj kurma jg tanah dan dgnkn pd olahan bj kopi atau sbg bahan tmbhn untk kopi.

Tandan buah yang telah dipreteli bisa digunakan sbg sapu. Di Pakistan, viskos, sirup kental yang terbuat dari buah yang matang digunakan sbg plps untuk tas kulit dan pipa untk mncgh kebocoran.

Getah tumbuhan kurma bisa digunakan untuk membuat sirup &berbagai produk bisa dimkn berasal dari sirup.

Daun tumbuhan kurma digunakan untuk Palm Sunday dlm agama Kristen. Di Afrika Utara, mereka biasanya dgnkn untk membuat pondok. Daun dewasa juga dibuat mnjd tikar, layar, keranjang & kipas. Daun yg diolah bisa digunakan sebagai isolasi kardus. Tangkai daun kering yang mrpkn sumber ampas selulosa dapat dijadikan sebagai tongkat jalan, sapu, umpan pancing dan bahan bakar. Pelepah daun yang berharga mengeluarkan aroma serta seratnya juga dapat dgnkn sebagai tali, kain kasar, dan topi besar. Di hari libur Yahudi,Sukkot, daun-daunnya digunakan sbg lulav.

Kayu kayu tumbuhan kurma dgnkn untk tiang dan langit-langit pada pondok, karena lbh ringan dr kelapa & tidak begitu thn lama. Kayu juga dgnkn untk konstruksi seperti jembatan & saluran air, dan bagian dari dhows. Sisa kayunya dibakar sbg bahan bakar.

Dmn tradisi kerajinan masih berkembang, sprt di Oman, pohon palem adl yg paling srb guna dr semua pohon asli, & hmpr setiap bgn dari pohon dgnkn untuk membuat barang-barang fungsional mulai dr tali dan keranjang untuk sarang, perahunelayan, & tempat tinggal tradisional.[butuh rujukan]

Kegunaan Kurma dalam Bidang Pengobatan
Kurma memiliki kndngn tannin yang tinggi & secara medis digunakan sebagai deterjen (memiliki daya pembersihan) & astringent pada usus yg brmslh.[butuh rujukan] Kurma bisa dibrkn untuk sakit tenggorokan, pilek, penyakit selesema bronkial, mrngkn demam dan sejumlah keluhan lainnya dalam bntk infus, ramuan, sirup atau pasta.[butuh rujukan] Satu kyknn tradisional mengatakan bahwa kurma bisa menetralkan keracunan alkohol. Bubuk bj jg digunakan dlm beberapa obat-obatan tradisional.

Getah yg dicucurkan oleh batang tumbuhan, di India, dgnkn untuk mengobati diare & penyakit kencing genital.[butuh rujukan] Akarnya dgnkn melawan sakitgigi. Serbuk sari mnghslkn sebuah prinsip estrone, estrogenik, & mempunyai efek gonadotropic pada tikus muda.

2019-03-22 10:40:16 * 2019-03-22 10:36:13

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Kurma (pohon) | bentuk pohon kurma adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Kurma (pohon) | bentuk pohon kurma"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close
WhatsApp Stokbibit