Melati | tanaman melati jepang

Melati | tanaman melati jepang

 

Melati merupakan tumbuhan bunga hias brp perdu brbtng tegak yg hdp menahun. Melati merupakan genus dari semak dan tumbuhan merambat dalam keluarga zaitun (Oleaceae). Terdiri dari sekitar 200 varietas tanamna asli daerah beriklim tropis dan hngt dr Eurasia, Australasia dan Oseania, melati scr luas dibddykn untk aroma khas bunganya yang wangi. Di Indonesia, slh satu spesies melati telah dipilih mnjd "puspa bangsa" atau bunga simbol nasional yaitu melati putih (Jasminum sambac), krn bunga ini mlmbngkn kesucian & kemurnian, serta dikaitkan dengan brbg tradisi dr banyak suku di negara ini. Bunga ini mrpkn bagian yang tdk terpisahkan dari hiasan rambut pengantin perempuan dalam upacara perkawinan berbagai suku di Indonesia, terutama suku Jawa & Sunda. spesies lain yang jg popular adl melati gambir (J. officinale). Di Indonesia nama melati diknl oleh masyarakat di seluruh wilayah Nusantara. Nama-nama daerah untuk melati adl Menuh (Bali), Meulu atau Riwat (Aceh)[1]Menyuru(Banda), Melur (Gayo dan Batak Karo), Manduru (Menado), Mundu (Bima dan Sumbawa) & Manyora (Timor), Melati Salam (UMI), Malete (Madura) serta Beruq-beruq(Mandar).

Di Italiamelati casablanca (Jasminum officinalle), yang disebut Spanish Jasmine ditanam tahun 1692 untk dijdkn parfum. Tahun 1665 di Inggris dibddykn melati putih (J. sambac) yang diperkenalkan oleh Duke Casimo de Medici. Dlm thn 1919 ditmkn melati J. parkeri di kawasan India Barat Laut yg kemudian dibddykn di Inggris pd thn 1923.

Manfaat

Bunga melati brmnft untk bunga tabur, bahan industri minyak wangikosmetikaparfumfarmasi, penghias rangkaian bunga dan bahan cmprn atau pengharum teh, sprt teh melati yang terkenal di Indonesia.

Bunga & daun-daun dari bbrp varietas melati dgnkn untuk mengurangi atau menghentikan keluarnya susuibu[2][3], dalam rupa bunga yg diremukkan atau tapal daun-daunan yang ditmplkn di atas buah dada[4].

Tapal daun-daun dr bbrp spesies melati dipakai untk mengobati bisul & sakit kulit. Daun-daun ini juga dgnkn sbg obat kumur untuk mengobati seriawan & pembengkakan gusi. Air rendaman bunga yang tlh bermalam digunakan sebagai penyegar untuk mencuci muka.[4]

Ekstrak akar bbrp varietas melati dimanfaatkan sbg pnrn demam. Rebusan akar melati atau rendaman bunganya dipakai untuk mngts radang peparubronkitis, dan juga asthma. Akar yg ditumbuk dijadikan tapal untuk menyembuhkan keseleo atau patah tulang. Tingtur (ekstrak dlm alkohol) akar J. sambac mempunyai khasiat kuat sbg penenang (sedativa), anestetik, dan pnymbh luka.[4]

Beberapa spesies melati jg ditanam sebagai penghias taman.[5].

2019-03-08 10:52:07 * 2019-03-08 07:48:05

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Melati | tanaman melati jepang adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Melati | tanaman melati jepang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close
WhatsApp Stokbibit