Vanili | harga tanaman vanili 2018

Vanili | harga tanaman vanili 2018

 

Vanili (Vanilla planifolia) adl tumbuhan pnghsl bubuk vanili yg biasa dijadikan pewangi makanan. Bubuk ini dihasilkan dr buahnya yang brbntk polong.

Tmbuhan vanili dikenal prtm kali oleh orang-orang Indian di Meksiko, negara asal tumbuhan tersebut. Nama daerah dariI vanili adalah Panili atau Perneli.

Morfologi Vanili

Btng tumbuhan vanili kira-kira sebesar jari, berwarna hijau, agak lunak, beruas dan berbuku. Pnjng rata-rata 15 centimeter. Tumbuhan melekat pd pohon atau tonggak yg tlh disediakan.

Daun vanili merupakan daun tunggal. Letaknya berslng-slng pd masing-masing buku. Warnanya hijau trng, dengan kepnjngn 10-25 centimeter serta lebar 5-7 cm. Bentuk daun pipih, berdaging, bulat telur, jorong atau lanset dengan ujung lancip. Tulang daun sejajar, tmpk stlh daun tersebut tua atau mengering, sedangkan pd waktu daun masih muda tdk jls kelihatan.

Rangkaian bunga vanili adalah bunga tandan yang terdiri dari 15-20 bunga. Bunga keluar dari ketiak daun bg pucuk batang. Bentuk bunganya duduk, berwarna hijau-biru agak pucat, pnjng 4-8 cm dan berbau agak harum.

Bunga vanili terdiri dari 6 daun bunga (3 sepal, 3 petal) yang terletak dalam dua lingkaran. Daun bunga bagian luar (sepal) sedikit lbh besar daripada bagian dlm petal. Satu dari petalnya berubah bntk, mngglng sprt corong yg disebut bibir (rostelum).

Reproduksi

Di Meksiko tumbuhan vanili dapat berbuah krn ada serangga yang membantu penyerbukannya.

Putik pada bunga vanili tertutup oleh bibir, shngg pnyrbkn scr alamiah trhlng, kepala sari (anther) berisi dua butir tepung sari, letaknya lbh tngg drpd kepala putik. Keistimewaan dr bunga vanili yaitu kepala putiknya berisi cairan perekat. Bila tepung sari diletakkan disn akan sgr mnmpl dan trjdlah pembuahan.

Bunga vanili yang [tlh|telah} mekar hny dpt bertahan satu hari. Jika bunga yg tlh mekar itu tdk segera dikawinkan, akan layu & kemudian rontok. Oleh sbb itu hrsssrng keliling kebun untk mngntrl perkmbngn vanili.

Saat yang baik untk mengawinkan bunga vanili adlpada pg hari. Hari-hari basah & kering sekali tdk baik untuk penyerbukan. Brhsl atau tdknya penyerbukan akan tampak setelah dua atau tiga hari. Bunga yg brhsll diserbuki akan berubah wrnya menjadi lebih pucat. Enam buah daun bunganya akan layu tetapi tangkai bunganya tetap mnmpl pada tandan bunga. Bunga yg tidak brhsl diserbuki akan gugur. Setelah terjadi pembuahan antr 10-15 buah, bunga pada tandan yang msh kuncup sebaiknya dipangkas, agar zat mknn yang dihisap oleh tanaman diakumulasikan pada pmbntkn & pembesaran buah.

Pd wkt bunga mekar, panjang bakal buah 2-4 centimeter dg garis tengah 5 millimeter. Satu minggu stlh penyrbkn bakal buah itu dpt mencapai pnjng 8-10 centimeter. Lima minggu kemudian buah telah mncp pnjng maksimal 20-25 centimeter, dg garis tengah 1,5 cm. Setelah buah mencapai perkembangan yang maksimal, lima atau enam bln kemudian buah akan matang.

Wrn buah mula-mula hijau muda, kemudian hijau tua disertai dg garis-garis kuning menjelang matang. Buah yang telah matang brwrn coklat tua. Jk dibiarkan masak di pohon, buah akan pecah menjadi dua bagian, & mybrkn aroma vanili. Biji buah kecil-kecil, banyak skl jmlhnya, berwarna hitam dan berukuran kira-kira 0,2 mm.

 

2019-03-06 11:02:05 * 2019-03-06 10:31:05

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Vanili | harga tanaman vanili 2018 adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Vanili | harga tanaman vanili 2018"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close
WhatsApp Stokbibit