Cengkih | cengkeh berasal dari daerah

Cengkih | cengkeh berasal dari daerah





Menyediakan melayani penjualan pembelian jual beli bibit murah termurah Cengkih di Sulawesi Barat, Papua Barat, Sulawesi Tengah, Papua, DKI Jakarta, Sulawesi Tenggara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Nusa Tenggara Timur, Kepulauan Bangka Belitung

Menyediakan melayani penjualan pembelian jual beli bibit murah termurah cengkeh berasal dari daerah di Bolaang Mongondow Timur, Empat Lawang, Kulon Progo, Kab. Lamongan, Kab. Manggarai Barat, Kulon Progo, Gianyar, Takalar, Kotawaringin Barat, Siak, Langsa, Palembang, Kab. Bandung Barat, Konawe,

Menyediakan melayani penjualan pembelian jual beli bibit murah termurah Cengkih | cengkeh berasal dari daerah di Kec. Bugul Kidul, Kec. Kintom, Kec. Panca Rijang, Kec. Kampar Kiri, Kec. Tigo Lurah, Kec. Bakung, Kec. Soreang, Kec. Simeulue Timur, Kec. Jatiluhur, Kec. Sei Rampah, Kec. VI Lingkung, Kec. Sendang, Kec. Semanu, Kec. Grati, Kec. Salang, Kec. Seranau, Kec. Cibadak, Kec. Tanjungbumi, Kec. Sungai Limau, Kec. Tanjung Baru

Cengkih (Syzygium aromaticum, syn. Eugenia aromaticum), dlm bahasa Inggris disebut cloves, adalah tangkai bunga kering beraroma dr keluarga pohon Myrtaceae. Cengkih adl tumbuhan asli Indonesia, banyak dgnkn sebagai bumbu masakan pedas di negara-negara Eropa, & sebagai bahan utm rokok kretek khas Indonesia. Cengkih ditanam terutama di Indonesia (Kepulauan Banda) & Madagaskar; selain itu juga dibudidayakan di Zanzibar, India, dan Sri Lanka. Tanaman ini adl flora identitas Provinsi Maluku Utara.

Pemerian
Pohon cengkih mrpkn tanaman tahunan yg dpt tumbuh dg tinggi 10–20 meter, mempunyai daun berbentuk lonjong yang berbunga pada pucuk-pucuknya. Tangkai buah pd awalnya brwrn hijau, & berwarna merah jika bunga sdh mekar. Cengkih akan dipanen jk sudah mencapai pnjng 1,5–2 cm.


Penggunaan
Cengkih dpt dgnkn sbg bumbu, baik dlm bentuknya yang utuh atau sebagai bubuk. Bumbu ini digunakan diEropa dan Asia. Terutama di Indonesia, cengkih digunakan sebagai bhn rokok kretek. Cengkih juga dgnkn sebagai bhn dupa di Republik Rakyat Tiongkok dan Jepang. Minyak cengkih digunakan di aromaterapi dan juga untuk mengobati sakit gigi. Daun cengkih kering yg ditumbuk halus dapat dgnkn sbg pestisida nabati dan efektif cuntk mengendalikan penyakit busuk batang Fusarium dg mmbrkn 50-100 gram daun cengkih kering per pohon[1].

Sejarah cengkih
PdPada abad yang keempat, pemimpin Dinasti Han dr Tiongkok memerintahkan setiap orang yang mendekatinya untksblmnya menguyah cengkih, agr harum napasnya. Cengkih, pala dan merica sngtlah mahal pd zaman Romawi. Cengkih menjadi bhn tukar mnkr oleh bangsa Arab pd abad pertengahan. pada akhir abad ke-15, orang Portugis mngmbl alih jalan tukar mnkrdi Laut India. Bersama itu diambil alih juga perdagangan cengkih dengan perjanjian Tordesillas dg Spanyol, selain itu jg dg perjanjian dengan sultanTernate. Orang Portugis mmbw bnyk cengkih yang mrk peroleh dari kepulauan Maluku ke Eropa. pada saat itu harga 1 kilogram cengkih sama dg hrg 7gr emas.

Perdagangan cengkih akhirnya didominasi oleh orang Belanda pd abad ke-17. dg susah payah orang Prancis brhsl membudayakan pohon Cengkih di Mauritius pd thn 1770. Akhirnya cengkih dibddykn di Guyana, Brasilia& Zanzibar.
pPda abad ke-17 dan ke-18 di Inggris harga cengkih sama dengan hrg emas karena tingginya biaya impor. Sebab cengkih disana dijdkn salah satu bahan makanan yg sangat bermanfaat bg masyarakat & sktrnya yang mengonsumsi tanaman cengkih tsbt. Smp sekarang cengkih menjadi salah satu bhn yg|yang} diekspor ke luar negeri.
Pohon cengkih yang dianggap tertua yg masih hidup trdpt di Kelurahan Tongole, Kcmtn Ternate Tengah, sekitar 6 km dr pusat kota Ternate. Tanamanyang disebut sebagai Cengkih Afo ini berumur 416thn, tinggi 36,60 m, berdiameter 198 meter, & keliling batang 4,26 m. Setiap tahunnya ia mampu mnghslkn sekitar 400 kilogram bunga cengkih.[2]

Kandungan bahan aktif dalam bunga dan buah cengkih
Minyak esensial dr cengkih memiliki fungsi anestetik & antimikrobial. Minyak cengkih srng digunakan untuk mnghslkn bau napas dan untk menghilangkan sakit gigi. Zat yang trkndng dlm cengkih yang bernama eugenol, digunakan dokter gigi untuk menenangkan saraf gigi. Minyak cengkih jg dgnkn dlm campuran tradisional chojiyu (1% minyak cengkih dalam minyak mineral; "choji" berarti cengkih; "yu" berarti minyak) dan digunakan oleh orangJepang untk merawat permukaan pedagang mrk.

2019-04-03 11:18:07 * 2019-04-03 11:13:07

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Cengkih | cengkeh berasal dari daerah adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Cengkih | cengkeh berasal dari daerah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close
WhatsApp Stokbibit