Durian buah durian belanda

15:15:01 Durian adl nama tumbuhan tropis ygbrsl dari wilayah Asia Tenggara, sklgs nama buahnya ygbs dimakan. Nama ini diambil dariciri khas klt buahnya yang keras dan berlekuk-lekuk tajam shg menyerupai duri. Sebutan populernya adalah "raja dari segala buah" (King of Fruit). Durianadl buah yg kontroversial, meskipun banyak orangyg menyukainya, nmn sebagian yang lain mlh muak denganbau.
Sesnghny, tmbhntumbuhan} dg nama durian bukanlah spesies tunggal tetapi sekelompok tmbhn dr marga Durio. Nmn, yang dimaksud dengan durian (tanpa imbuhan apa-apa) biasanya adalah Durio zibethinus. Jenis-jenis durian lain yang dpt dikonsumsi dan kdngkl ditemukan di pasar tempatnya di Asia Tenggara di antrnya adl lai(D. kutejensis), kerantungan (D. oxleyanus), durian kura-kura /atau kekura (D. graveolens), serta lahung (D. dulcis). Utk slnjtnya, uraian di bawah ini mengacu kpd D. zibethinus.
Terdapat banyak nama lokal. Nm terbanyak ditemukan di Kalimantan, yang mengacu pada berbg jenis & spesies yg berbeda. Durian di Jawa dikenal sbg duren (bahasa Jawa, bahasa Betawi) & kadu (bahasa Sunda). Di Sumatera diknl sbg durian &duren (bahasa Gayo). Di Sulawesi, orang Manado menyebutnya duriang, sementara orang Toraja duliang. Di Kota Ambon dan kepulauan Lease biasa dsbt sebagai Doriang. Di Pulau Seram bagian timur dsbt rulen.
Pst keankrgmn durian adalah Pulau Kalimantan.[butuh rujukan] Daerah-daerah sktrny juga mempunyai beberapa plasma nutfah durian, seperti Mindanao, Sumatera, & Semenanjung Malaya meskipun tdk semelimpah Kalimantan. Mskpn demikian, pengekspor utama durian adalah Thailand, yg mampu mengembangkan kultivar dengan mutu tinggi & sistem budidaya yang baik. Tmpt lain yang mmbddykndurian dengan ornts eksporadalah Mindanao di Filipina,Queensland di Australia, Kamboja, Laos, Vietnam, India, dan Sri Lanka.
Di Filipina, pusat pnghsl durian adl di daerah Davao di Pulau Mindanao. Festival Kadayawamerupakan perayaan tahunan untuk durian di Davao City.
Pohon tahunan, hijau abadi (pengguguran daun tidak tergantung musim) tetapi ada saat tertentu untuk menumbuhkan daun-daun baru (periode flushing /atau peronaan) yang terjadi setelah masa berbuah selesai. Tumbuh tinggi dpt mencapai ketinggian 25–50 m tergantung spesiesnya,[3] pohon durian sering memiliki banir (akar papan). Pepagan (klt btng) brwrn cklt kemerahan, mengelupas tak beraturan. Tajuknya rindang dan renggang.
Daun berbentuk jorong hingga lanset, 10-15(-17) cm × 3-4,5(-12,5) cm; terletak berseling; bertangkai; berpangkal lancip atau tumpul & berujung lncp melandai; sisi atas berwarna hijau trng, sisi bawah trttp sisik-sisik berwarna perak atau keemasan dengan bulu-bulu bintang.
Bunga (juga buahnya) mncl lngsng dari batang (cauliflorous) atau cabang-cabang ygtua di bagian pangkal (proximal), berklmpk dlm krngn berisi 3-10 kuntum berbentuk tukal atau malai rata. Kuncup bunganya [mmblt|membulat}, sktr2 cm diameternya, brtngk [pnjng|panjang]. [Klpk|Kelopak} bunga bntk tabung spnjng lk. 3 cm, daun klpk tmbhn terpecah] menjadi 2-3 cuping [brbntk bundar telur. Mahkota bentuk sudip, [kr|kira-kira} 2× panjang klpk, berjmlh 5 helai, keputih-putihan. Benang sarinya bnyk, terbagi ke dlm 5 berkas; kpl putiknya membentuk bongkol, dg tangkai yg berbulu.[4] Bunga muncul drkuncup dorman, mekar pd sore hari & brthn hingga bbrp hari. Pada siang hari bunga mntp. Bunga ini menyebarkan arm wangi yang brsl dari kelenjar nektar di bagian pangkalnya untk mnrk prhtn kelelawar sebagai penyerbuk utmnya. Kajian di Malaysia pada thn 1970-an mnjkn bahwa penyerbuk durian adalah kelelawar Eonycteris spelaea. Penelitian tahun1996 lbh jauh mnjkn [bhw|bahwa} hewan lain, seperti burung madu Nectariniidae dan lebah trt serta dlm penyerbukan tiga kerabat durian lainnya. Buah durian bertipe kapsul berbentuk bulat, blt telur hgg lonjong, dg panjang hingga 25 cm dan diameter hngg 20 cm.[4] Kulit buahnya tbl, permukaannya bersdt tajam ("berduri", krn itu dsbt "durian", wlpn ini bkn duri dlm pngrtn botani), berwarna hijau kekuning-kuningan, kecoklatan, hingga keabu-abuan.
Buah berkembang stlh pembuahan dan mmrlkn 4-6 bulan untk pemasakan. Pada ms pemasakan terjadi persaingan antar buah pd satu kelompok, sehingga hny satu ataubeberapa buah yang akan mncp kematangan, &\dan sisanya rontok. Buah akan jatuh sendiri apabila masak. Pada umumnya berat buah durian dapat mencapai 1,5 hingga 5 kg, shgg kebun durian mjd kwsn ygberbahaya pada masa musim durian. Apabila jth di atas kepala seorg, buah durian dapat menyebabkan cdr brt atau bhkn kematian.
Setiap buah memiliki lima ruang (awam menyebutnya "kamar"), yg menunjukkan bnyknya daun buah yang dimiliki. Msng-msng rngn terisi olh beberapa bj, bsnya tiga btr atau lebi, lonjong hingga 4 cm pnjngnya, dan brwrn merah muda kecoklatan mengkilap. Bj trbngks olh arilus (salut biji), yg biasa dsbt sbg "daging buah" durian) brwrn pth hingga knng trng dg ktbln yg bervariasi, namun pd kultivar unggul ktbln arilus ini dpt mencapai 3 cm. Bj dg salut bj dalam perdagangan disebut ponggè. Pemuliaan durian diarahkan untuk mnghslkn biji yang kecil dg salut biji yang tbl, krn salut biji inilah bgn yang dimkn. Bbrp jenis unggul menghasilkan buah dengan bj yang tdk brkmbng nmn dg salut bj tebal (disebut "sukun")
Durian sngt beraneka ragam. Sbgmn dsbt di mk, bbrp jenis sln durian benar (D. zibethinus) jg dianggap sbg durian. Di Indonesia trctt ada 20 jenis anggt Durio (dari hampir30-an jns), sembilan di antaranya dpt dimkn.[3][7] Durian yang bnr pun memilik banyak variasi. Lembaga penelitian di Indonesia, Malaysia, & Thailand tlh merilis berbagai kultivar durian unggul. Selain itu terdapat pula ras-ras lokal yang dikenal baik nmn blm mnglm thp slks untk meningkatkan kualitasnya.



Tag Durian buah durian belanda

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Durian buah durian belanda adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Durian buah durian belanda"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close
WhatsApp Stokbibit