Kersen olahan buah kersen

10:40:03 Kersen atau talok (Muntingia calabura L.) adl sejenis tanaman sklgs buahnya yg kecil & manis brwrn merah cerah. Di beberapa daerah, seperti di Jakarta, buah ini juga dinamai ceri (untk ceri yang sebenarnya, lihat artikel ceri).

Dalam Bahasa Madura, buah ini disebut "kersen" baleci. Nama-nama lainnya di bbrp negara adalah datiles, aratiles,manzanitas (Filipina); mât sâm (Vietnam); khoom sômz, takhôb (Laos); takhop farang (Thailand); krâkhôb barang (Kamboja); dan kerukup siam (Malaysia).

Jg diknl sebagai capulin blanco, cacaniqua, nigua, niguito (bahasa Spanyol); Jamaican cherry, Panama berry, dan Singapore cherry (Inggris). Orang Belanda dulu menyebutnya Japanse kers ("ceri jepang"), yg lalu dr sini diambil menjadi kersen dlmbahasa Indonesia atau ada yang mnybtnya ceri.

Daun Kersen mngndng zat antioksidan alami sehingga bs mnghmbt pertumbuhan sel kanker dlm tubuh manusia. Di desa Mojodeso, Kecamatan Kapas, Kab. Bojonegoro, daun Kersen diolah oleh Adib Nurdiyanto mnjd teh herbal. Dikemas dlm botol siapminum, teh daun Kersen ini menjadi mnmn herbal ygdigmr para remaja.

Pemerian
Perdu atau pohon, tinggi sampai 12 m, msk umumnya hanya sktr 3-6 meter saja. Hijau abadidan terus menerus berbunga dan berbuah spnjng thn.
Cabang-cabang mendatar, menggntng di ujungnya; mmbntk naungan yang rindang. Ranting-ranting berambut halus brcmpr dengan rambut kelenjar; demikian pula daunnya.
Daun-daun terletak mndtr, berseling; helaian daun tidak simetris, bundar telur lanset, tepinya bergerigi & berujung runcing, 1-4 × 4-14 centimeter, sisi bawah berambut kelabu rapat; bertangkai pendek. Daun penumpu yg sblh meruncing bntk benang, lk. 0,5 centimeter, agak lama lalu mengering & rontok, sementara sebelah lagi rudimenter.

Bunga dlm berkas, berisi 1-3(-5) kuntum, terletak di ketiak agak di sblh atas tmbhnya daun; bertangkai panjang; berkelamin dua & berbilangan 5; kelopak berbagi dalam, taju meruncing bntk benang, berambut halus; mahkota bertp rata, bundar telur terbalik, putih tipis, gundul, lk. 1 centimeter. Benang sari brjmlh banyak, 10 smp lbh dr 100 helai. Bunga yg mekar menonjol keluar, ke atas helai-helai daun; namun stlh mnjd buah menggantung ke bwh, trsmbny di bwh helai daun. Umumnya hanya satu-dua bunga yg mnjd buah dalam tiap berkasnya.

Buah buni bertangkai panjang, bulat hamper sempurna, diameter 1-1,5 cm, hijau kuning dan akhirnya merah apabilamatang, bermahkota sisa tangkai putik yang tdk rontok serupa bintang hitam bersudut lima. Berisi bbrp ribu biji yang kecil-kecil, halus, putih kekuningan; terbenam dalam daging & sari buah yang manis skl.

Selain itu, buah kersen jg dapat digunakan untuk obat penyakit asam urat, diabetes, dan masih bnyk lg.

Hasil, ekologi dan penyebaran
Buah kersen disukai terutama oleh anak-anak, burung dan codot. Anak-anak sklh srng mmnjt pohonnya, meninggalkan bekas-bekas berupa ranting yg berpatahan dan kulit batang yang terklps. Buah ini jg dapat dijadikan selai. Di Meksiko, buah kersen dijual di psr.Tanaman kersen di Indonesia mdh ditemukan. Biasanya pohon ini dijdkan tmpt teduh bg tukang becak di Indonesia.

Kayu kersen lunak & mdh kering, sngt brgn sebagai kayu bakar. Kulit kayunya yang mudah dikupas dgnkn sebagai bahan tali dan kain pembalut. Daunnya dpt dijadikan smcm teh.

Burung-burung pemakan buah, seperti kelompok merbah & burung cabe, srng mngnjng pohon ini di waktu siang untuk mmkn buah atau sari buahnya yang manis. Di waktu hari gelap, brgnt aneka jenis kelelawar pmkn buah yang dating dg tjn yang sama. Biji kersen tdk tercerna oleh burung dan codot, krn itu kedua kelompok hewan ini sklgs berfungsi sebagai pemencar bijinya.

Pohon kersen khususnya brgn sebagai tanaman peneduh di pinggir jln. Pohon kecil ini awalnya srng tmbh sbg semai liar di tepi jln, selokan, atau mncl di tengah retakan tembok lantai atau pagar, dan akhirnya tmbhdengan cepat –biasanya dibiarkan saja– membesar sbg tumbuhan naungan. Sebab itulah pohon kersen seringkali ditemukan di wly perkotaan yang ramai & padat, di tepi trotoar dan lahan parkir, di tepi sungai yang tdk terurus atau di tmpt-tmpt yg biasa krng berkpnjngn.

Krn sifat-sifat dan daya tahannya itu, kersen mnjd salah satu tanaman pionir yg plng bnyk dijumpai di wlyh hunian manusia di daerah tropis. Berasal dari Amerika tropis (Meksiko selatan, Karibia, Amerika Tengah sampai ke Peru dan Bolivia), kersen dibw msk ke Filipina pada akhir abad-19, & lalu dengan cpt mnybr di slrh wilayah tropis Asia Tenggara.



Tidak hanya Mendukung COD, Kami juga sudah beberapa kali melakukan Export seperti ke Malayasia dan Cina seperti yang ada di Channel Youtobe stokbibit, Tak perlu kawatir tetap kami support pengiriman ke beberapa wilayah

Juga bisa ke Toli-Toli Musi Rawas Sawahlunto Bulungan Muara Enim Sawahlunto Kab. Brebes Kab. Garut Pelalawan Kota Salatiga Gunung Mas Kab. Banyuwangi Kab. Bangkalan Kab. Banyumas

Dan Kec lainnya Kec. Pasar Minggu Kec. Bandar Huluan Kec. Pinggir Kec. Payakumbuh Kec. Singgahan Kec. Padang Bolak Kec. Cireunghas Kec. Beutong Kec. Pitu Kec. Bulukerto Kec. Pekalongan Timur Kec. Agrabinta Kec. Pandaan Kec. Tomo Kec. Pamona Barat Kec. Rembang Blanakan Kec. Muara Padang Kec. Lubuk Pakam Kec. Cigugur

Tag Kersen olahan buah kersen

Tag search: olahan buah kersen Kersen .. Resep Muffin Kersen Rumah Inspirasi rumahinspirasicomresepmuffinkersen 25 Okt 2014 Akibatnya bertumpuk kotak hasil panen buah kersen di kulkas Salah satu hasil olahan buah kersen yang mereka sukai adalah Muffin Kenali Manfaat Cara Mengolah Buah Kersen Si Manis Kembaran resepkokiidmengenalbuahkersenmanfaatnyacaramengolahnya 29 Sep 2017 Buah kersen gampang ditemukan di pinggir jalan atau halaman rumah Selain tiga olahan tersebut beberapa orang juga membuat puding Manfaat Buah Kersen untuk Kesehatan Beserta Cara Mengolah dan paktanidigitalcomartikelmanfaatbuahkersenuntukkesehatanbesertacaramengolahdanmemasarkannya 26 Jul 2018 Melihat kecenderungan masyarakat yang lebih memilih menggunakan obat alami daripada obat medis olahan buah kersen menjadi sirup Ternyata Buah Kersen Obat Mujarab Asam Urat dan Kolesterol lifestyleokezonecomread201905204812057709ternyatabuahkersenobatmujarabasamuratdankolesterol 20 Mei 2019 Bahkan daun kersen bisa diolah menjadi keripik dengan cita rasa khas Jika dikonsumsi rutin buah maupun olahan daun talok diyakini dapat PEMANFAATAN KERSEN Muntingia calabura L SEBAGAI ejurnalunisriacidindexphpjtprarticledownload18991688 Penelitian ini bertujuan mengetahui sifat kimia dan sensoris terhadap 3 jenis olahan kersen dari daun bungadan buah Parameter yang diuji adalah rasa ASAM URAT SIRUP KERSEN MINUMANNYA Fakultas MIPA fmipaunyacidberitaasamuratsirupkersenminumannyahtml 17 Jan 2011 Buah kersen di daerah Srilangka sering diawetkan dan dibuat selai jam dan berhasil membuat produk olahan kersen berupa sirup sebagai 11 Manfaat Buah Kersen yang Nggak Mainmain Niscaya Hipwee Mungkin kamu nggak asing lagi dengan buah yang satu ini Yup buah kersen atau juga bisa disebut talok keres kersem ataupun baleci sangat mudah ditemui 376 pelatihan pembuatan selai kersen prosiding unipma prosidingunipmaacidindexphpSNHParticledownload816787 SEBAGAI OLAHAN PANGAN LOKAL DI DESA RANCAGONG KECAMATAN Tidak banyak orang yang ingin memanfaatkan buah kersen ini karena melihat Sekilonya 400 Ribu Buah Mungil Ini Punya Segudang Manfaat sajiansedapgrididread1017 sekilonya400ribubuahmungilinipunyasegudangmanfaatsalahsatunyamencegahkankeryangdideritaaniyudhoyonopageall 26 Apr 2019 Baca Juga Upload Foto Olahan Quaker Oats dan Dapatkan Liburan Gratis Manfaat buah kersen bahkan tak diduga mulai dari sembuhkan .


Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Kersen olahan buah kersen adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Kersen olahan buah kersen"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close
WhatsApp Stokbibit