Cabai | cabai super lebat

Cabai | cabai super lebat

Cabai atau cabai merah atau chili adl buah dan tumbuhan anggt genus Capsicum. Buahnya dpt digolongkan sebagai sayuran mpn bumbu, tergantung bgmn dgnkn. Sbg bumbu, buah cabai yg pedas sangat terkenal di Asia Tenggara sebagai penguat rasa mknn. Bg seni mskn Padang, cabai bhkn dianggp sbg "bhn mknn pkk" ke sepuluh (alih-alih sembilan). Sngt slt bagi masakan Padang dibuat tnp cabai.

Manfaat Cabai

Cabai merah bsr (Capsicum annuum L.) mrpkn salah satu spesies sayuran yang mempunyai nilai ekonomi yg tngg. Cabai mngndng brbg macam senyawa yg berguna bg kshtn manusia. [1]. Sun et al. (2007) mlprkn cabai mngndng antioksidan yg berfungsi untk menjaga tbh dari srngn radikal bebas. Kndngn terbesar antioksidan ini adalah pada cabai hijau. Cabai jg mngndng Lasparaginase dan Capsaicin yang brprn sebagai zat antikanker (Kilham 2006; Bano & Sivaramakrishnan 1980).

Cabai (Capsicum annum L) merupakan salah satu produk sayuran yang banyak dibudidayakan oleh petani di Indonesia karena memiliki hrg jual yg tinggi [2]dan memiliki beberapa manfaat kesehatan yg slh satunya adalah zat capsaicin yang berfungsi dlm mengendalikan penyakit kanker. Selain itu kandungan vitamin C yg ckp tinggi pd cabai dpt memenuhi kbthn harian setiap orang, nmn harus diknsms secukupnya untk mnghndr nyeri lambung.

Cara penanaman

Cabai atau lombok termasuk dlm suku terong-terongan (Solanaceae) dan mrpkn tumbuhan yg mdh ditanam di dataran rendah ataupun di dtrn tngg. Pohon cabai bnyk mengandung vitamin A dan vitamin C serta mngndng minyak atsiri capsaicin, yang menyebabkan rasa pedas dan mmbrkn khngtn panas bl digunakan untuk rempah-rempah (bumbu dapur). Cabai dapat ditanam dengan mdh sehingga dapat dipakai untuk kebutuhan sehari-hari tnp harus mmblnya di pasar.

Tumbuhan cabai cocok ditnm pada tanah yang kaya humus, gembur dan sarang, serta tidak trgnng air; pH tanah yg ideal sekitar 5-6. Waktu tnm yg baik untk lahan kering adl pada akhir musim hujan (Maret-April). UntkUntuk memperoleh harga cabai yang tinggi, bisa jg [dilkkn|dilakukan} pd bulan Oktober & panen pd bln Desember, wlpn ada rsk kggln. Pohon cabai diprbnyk mll biji yg ditanam dr tanaman yg sehat serta bebas dari hama dan penyakit. Buah cabai yg telah diseleksi untuk bibit dijmr hngg krng. Kalau pnsnya ckp dalam lima hari telah krngkering kemudian br diambil bijinya: Untk areal satu hektar dibthkn sktr 2-3 kg buah cabai (300-500 gram biji).

Permasalahan produksi

Salah satu kendala utama dalam sistem produksi cabai di Indonesia adl adanya srngn lalat buah pada buah cabai. Hama ini srng mnybbkn ggl panen[3]. Laporan Departemen Pertanian RI tahun 2006 mnnjkkn bhw krskn pada tumbuhan cabai di Indonesia dpt mencapai 35%. Buah cabai yg terserang sering tampak sehat & utuh dari luar ttp bila dilht di dlmnya mmbsk & mengandung larva lalat. Penyebabnya trutm adl lalat buahBactrocera carambolae. Karena gejala awlnya yang tak tampak jls, sementara hama ini sebarannya masih terbatas di Indonesia, lalat buah mnjd hamakarantina yg ditkt shngg dpt mnjd penghambat ekspor buah-buahan maupun pd produksi cabai.

Selain lalat buah, Kutudaun Myzus persicae (Hemiptera: Aphididae) mrpkn slh satu hama penting pada bddy cabai krn dapat mnybbkn kerusakan hingga 80%. Upaya pngndlnnya dapat mnggnkn insektida nabati ekstrak Tephrosia vogelii & Alpinia galanga[4]

Upaya penanggulangan hama

Sebenarnya sdh dilakukan upaya untuk mngndlkn srngn lalat buah ini, di antrnya adl pembrongsongan yg bisa mncgh srngn lalat buah. Akan tetapi, cara ini tidak praktis untuk dilkkn pada tumbuhan cabai dlm areal yg luas. Sementara penggunaan insektisida selain mencemari lingkungan jg sngt berbahaya bg konsumen buah. Oleh karena itu, dibutuhkan cara pngnndln yg ramah lngkngn dan cck untk ditrpkn di areal luas sprt di lahan sentral produksi cabai. Upaya pengendalian lalat buah pada pohpn cabai, khususnya cabai merah, adalah pngggnn insektisida sintetik karena dianggap praktis, mudah didapat, & menunjukkan efek yang cepat. Selain insektisida sintetik, insektisida nabati seperti kacang babi Tephrosia vogelii, jeruk purut Citrus hystrix, serai wangi Cymbopogon citratus efektif sebagai pnlk lalat buah.[5]

 

 

2019-03-02 5:18:22 * 2019-03-02 02:44:19

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Cabai | cabai super lebat adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Cabai | cabai super lebat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close
WhatsApp Stokbibit