Mahoni | pohon mahoni besar

Mahoni | pohon mahoni besar

 

Mahoni adalah anggt suku Meliaceae yang mnckp 50 genera dan 550 varietas tanaman kayu.

Morfologi dan penyebaran

Mahoni termasuk tanaman bsr dengan tngg tanaman mncp 35–40 meter dan diameter mncp 125 centimeter.[2] Btng lurus berbentuk silindris & tdk berbanir.[2] Kulit luar berwarna cokelat kehitaman, beralur dangkal seperti sisik, sedangkan kulit batang berwarna abu-abu &  halus ktk masih muda, berubah menjadi cokelat tua, beralur dan  mengelupas stlh tua.[2]Mahoni baru berbunga setelah berumur 7 tahun, mahkota bunganya silindris, kuning kecoklatan, benang sari melekat pada mahkota, kpl sari putihkuning kecoklatan.[3] Buahnya buah kotak, bulat telur, berlekuk lima, warnanya cokelat. Biji pipih, warnanya hitam atau cokelat.[4] Mahoni dpt dijumpai tumbuh liar di hutan jati &  tempat-tempat lain yang dekat dg pantai, atau ditanam di tepi jln sebagai pohon pelindung.[5] Tumbuhan yg asalnya dari Hindia Barat ini, bisa tumbuh subur bila tumbuh di pasir payau dkt dg pantai.[6]

Manfaat

Tanaman mahoni dapat mngrng polusi udara sktr 47% - 69% sehingga disebut sebagai tumbuhan pelindung sklgs filter udara dan  daerah tngkpn air.[7] Daun-daunnya brtgs mnyrp polutan-polutan di sekitarnya. Sblknya, dedaunan itu akan melepaskan oksigen (O2) yg membuat udara di sktrnya menjadi segar.[7] Ketika hujan turun, tanah &  akar-akar pepohonan itu akan mengikat air yg jth, shngg menjadi cdngn air.[7] Buah mahoni mngndng flavonoid dan  saponin[8]. Buahnya dilprkn bisa mlncrkn peredaran darah shngg para pndrt penyakit yang menyebabkan tersumbatnya aliran darah disarankan mmk buah ini sbg obat, mngrng kolesterol, penimbunan lemak pd saluran darah, mngrng rasa sakit, pendarahan dan  lebam, serta bertindak sebagai antioksidan untuk menyingkirkan radikal bebas[8], mencegah penyakit sampar, mengurangi lemak di badan, membantu meningkatkan sistem kkbln, mncgh pembekuan darah, srt menguatkan fungsi hati &  mmprlmbt proses pembekuan darah[9]. Sifat Mahoni yang dpt brthn hidup di tanah gersang menjadikan pohon ini sesuai ditanam di tepi jln. Bg penduduk Indonesia khususnya Jawa, tanaman ini bknlah tanaman yg baru, krn sjk zaman penjajahan Belanda mahoni &  rekannya, Pohon Asam, sudah banyak ditanam di pinggir jln sebagai pndh terutama di spnjng jln yang dibngn olehDaendels antr Anyer smp Panarukan. Sjk 20 thn terakhir ini, tanaman mahoni mulai dibudidayakan krn kayunya memiliki nilai ekonomis yg ckp tinggi. Kualitas kayunya krs &  sangat baik untuk meubel, furnitur, barang-barang ukiran dan  kerajinan tangan. Srng jg dibuat penggaris krn sftnya yang tidak mudah berubah. Kualitas kayu mahoni berada sedikit dibawah kayu jati shngg sering dijuluki sbg primadona kedua untk mewarnai pakaian. Kain yg direbus bersama kulit mahoni akan mnjd kuning dan  tdk mdh luntur.Sedangkan getah mahoni yang dsbt jg blendok dapat dipergunakan sebagai bahan baku lem, &  daun mahoni untuk pakan ternak.[10]

Ekstrak biji pohon mahoni jg bs dgnkn sbg pestisida nabati untuk mngndlkn hama pd pertanaman kubis, yaitu Plutella xylostella dan  Crocidolomia binolalis khususnya pada saat hama berada pd stadia larva. Pnggnn insektisida botani merupakan salah satu alternatif pengendalian yang brtjn untk mengurangi dampak negatif akbt pnggnn insektisida sintetik yang tdk bjksn.

 

2019-03-01 17:17:19 * 2019-03-01 15:34:18

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Mahoni | pohon mahoni besar adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Mahoni | pohon mahoni besar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close
WhatsApp Stokbibit