Nangka pohon nangka berbuah banyak

2:30:02 Nangka adalah nama sejenis pohon, sklgs buahnya. Tanaman nangka trmsk ke dlm suku Moraceae; nama ilmiahnya adl Artocarpus heterophyllus. dalam bahasa Inggris, nangka dikenal sbg jackfruit.

Tanaman nangka umumnya berukuran sdng sampai sktr 20 meter tingginya, walaupun ada yg mencapai 30 meter. Batang bulat silindris, sampai berdiameter sekitar 1 m. Tajuknya pdt & lebat, melebar dan memblt apabila di tmpt terbuka. Seluruh bagian tanaman mengeluarkan getah putih pekat apabila dilukai.

Daun tunggal, tersbr, bertangkai 1–4 centimeter, helai daun agak tbl sepertikulit, kaku, bertepi rata, bulat telur terbalik sampai jorong (memanjang), 3,5-12 × 5–25 centimeter, dg pangkal menyempit sdkt demi sdkt, & ujung pendek runcing atau agak runcing. Daun penumpu bulat telur lancip, panjang sampai 8 cm, mdh rontok dan mngglkan bekas serupa cincin.

Tanaman nangka berumah satu (monoecious), perbungaan mncl pd ketiak daun pada pucuk yg pendek & khusus, yg tumbuh pd sisi batang atau cabang tua. Bunga jantan dlm bongkol berbentuk gada atau gelendong, 1-3 × 3–8 cm, dg cincin berdaging yang jelas di pangkal bongkol, hijau tua, dg serbuk sari kekuningan dan berbau harum samar apabila masak. Bunga nangka dsbt babal. Stlh mlwt umur matangnya, babal akan mmbsk (di tumbuhi kapang) & menghitam semasa masih di pohon, sebelum akhirnya trjth. Bunga betina dlm bongkol tunggal atau berpsngn, silindris atau lonjong, hijau tua.

Buah majemuk (syncarp) berbentuk gelendong memanjang, seringkali tdk merata, panjangnya hngg 100 centimeter, pada sisi luar membentuk duri pendek lunak. “Daging buah”, yg sesungguhnya adalah perkmbngn dr tenda bunga, brwrn kuning keemasan apabila masak, berbau harum-manis yg keras, berdaging, kadang-kadang berisi cairan (nektar) yang manis. Bj brbntk bulat lonjong smp jorong agak gepeng, panjang 2–4 cm, berturut-turut terttp oleh kulit biji yg tipis coklat seperti kulit, endokarp yg liat keras keputihan, dan eksokarp yg lunak. Keping bijinya tidak setangkup.
Nangka terutama dipanen buahnya. "Daging buah" yang matang seringkali dimakan dlm keadaan segar, dicampur dalam es, dihaluskan mnjd minuman (jus), atau diolah mnjd aneka variasi mknn daerah: dodol nangka, kolak nangka, selai nangka, nangka-goreng-tepung, keripik nangka, dan lain-lain. Nangka jg digunakan sbg pengharum es krim dan minuman, dijadikan madu-nangka, konsentrat atau tepung. Biji nangka, diknl sebagai "beton", dpt direbus dan dimakan sbg sumber karbohidrat tambahan.

Bj nangka juga bisa dijdkn satu dengan masakan kolak nangka. Nangka maupun bj nangka juga bisa dgbng dg masakan kolak pisang atau buah sukun. Bj|Biji} nangka juga bisa dijdkn tepung. Biji yg direbus scr terpisah atau tidak diikutkan dlm mskn kolak, dpt dimakan sprt halnya kita mkn singkong. Bj nangka bisa jg dimasak dengan cara digoreng.

Buah nangka muda sngt disukai sbg bahan sayuran. Di Sumatera, terutama di Minangkabau, diknl masakan gulaicubadak (gulai nangka). Di Jawa Barat buah nangka muda antara lain dimsk sebagai salah satu bahan sayur asam. Di Jawa Tengah diknl berbagai macam masakan dg bhn dasar buah nangka muda (disebut gori), seperti sayur lodeh, masakan megono, oseng-oseng gori, & jangan gori (sayur nangka muda). Di Jogyakarta nangka muda terutama dimasak sebagai gudeg. Sementara di seputaran Jakarta & Jawa Barat, bongkol bunga jantan (disebut babal atautongtolang) kerap dijdknbhn rujak.

Daun-daun nangka mrpkn pakan ternak yang disukai kambing, domba maupun sapi. Kulit batangnya yg berserat, [dpt|dapat} dgnkn sbg bahan tali & pada masa lalu juga dijadikan bahan pakaian. Getahnya dgnkn dalam campuran untuk memerangkap burung, untuk memakal (menambal) perahu dan lain-lain.
Kayunya berwarna kuning di bagian teras, berkualitas baik & mudah dikerjakan. Kayu ini cukup kuat, awet & tahan trhdp serangan rayap atau jamur, serta memiliki pola yg menarik, gampang mengkilap apabila diserut halus & digosok dengan minyak. Karena itu kayu nangka kerap dijadikan perkakas rumah tangga, mebel, konstruksi bangunan, konstruksi kapal smp ke alat musik. Dari kayunya juga dihasilkan bahan pewarna kuning untuk mewarnai jubah para pendeta Buddha.

Nangka tumbuh dg baik di iklim tropis sampai dg lintang 25° utara maupun selatan, walaupun diketahui pula msh dapat berbuah hingga lintang 30°. Tanaman ini menyukai wilayah dg curah hujan lbh dari 1500 mm pertahun di mana musim keringnya tdk terlalu keras. Nangka kurang toleran terhadap udara dingin, kekeringan dan penggenangan.

Tanaman nangka yg berasal dari biji, mulai berbunga pd umur 2-8 tahun. sedangkan yang berasal dari klon mulai berbunga di umur 2-4 tahun. Di tmpt yg cocok, nangka dapat berbuah sepanjang tahun. Akan ttp di Thailand dan India panen raya terjadi antara Januari – Agustus, sementara di Malaysia antara April – Agustus atau September – Desember.

Varian nangka amat banyak jenisnya, baik dengan mlht perawakan pohon dan bagian-bagian tanamannya, rasa & sifat-sifat buahnya, maupun sifat-sifat yg tak mdh dilht sprt kemampuan tumbuhnya trhdpterhadap jenis-jenis lingkungan. Dari sg sifat-sifat buahnya, umum mengenal dua kelompok besar yakni:

• nangka bubur (Indonesia & Malaysia), yang disebut pula sebagai khanun lamoud (Thailand), vela (Srilangka) ataukoozha chakka (India selatan); dengan daging buah tipis, berserat, lunak dan membubur, rasanya asam manis, dan berbau harum tajam.

• nangka salak (Ind.), nangka belulang (Mal.), khanun nang (Thai), varaka (Srilangka), atau koozha pusham (India selatan); dengan daging buah tebal, keras, mengeripik, rasa manis agak pahit, dan tak bgt wangi.
Nangka dapat berkawin silang dengan cempedak scr alami. Hasil silangannya dinm nangka cempedak.
Nangka diyakini berasal dari India, yakni wilayah Ghats bgn barat, di mana jenis-jenis liarnya msh didapati tumbuh tersebar di hutan hujan di sana. Kini nangka telah menyebar luas di berbagai daerah tropik, terutama di Asia Tenggara.



Tidak hanya Mendukung COD, Kami juga sudah beberapa kali melakukan Export seperti ke Malayasia dan Cina seperti yang ada di Channel Youtobe stokbibit, Tak perlu kawatir tetap kami support pengiriman ke beberapa wilayah

Juga bisa ke Batam Konawe Selatan Balangan Kab. Magetan Tanjung Jabung Timur Balangan Lhokseumawe Pangkal Pinang Dharmasraya Kota Mojokerto Aceh Timur Kab. Banyuwangi Kota Pasuruan Kab. Sumbawa Barat

Dan Kec lainnya Kec. Gatak Kec. Glumpang Tiga Kec. Kebayakan Kec. Kuta Blang Kec. Kesesi Kec. Kuta Raja Kec. Regol Kec. Tukka Kec. Tualang Kec. Pasirkuda Kec. Cipatat Kec. Mapanget Kec. Glenmore Kec. Bangkinang Barat Kec. Medan Tembung Kec. Bangsal Kec. Patikraja Kec. Legon Kulon Kec. Ilir Timur II Tabulahan

Tag Nangka pohon nangka berbuah banyak

Tag search: pohon nangka berbuah banyak Nangka .. Nangka Wikipedia bahasa Indonesia ensiklopedia bebas idwikipediaorgwikiNangka Pohon nangka termasuk ke dalam suku Moraceae nama ilmiahnya adalah Artocarpus Tajuknya padat dan lebat melebar dan membulat apabila di tempat terbuka Seluruh Di tempat yang cocok nangka dapat berbuah sepanjang tahun Nangka JANTAN tak Berbuah YouTube 23 Apr 2019 nangka nangka jantan cara memupuk nangka agar berbuah cara pucuk nangka merawat nangka agar berbuah lebat nangka mini TERBONGKAR RAHASIA POHON NANGKA AGAR BERBUAH LEBAT 19 Nov 2018 Disebut kermat karna pohon nagka tersebut sangat lebat buahnya dan tdk kenal musim selalu berbuah buah nangka buah nangkadak buah Inilah Hasil Pohon Nangka Madu Berbuah Lebat Sampai Ke 11 Nov 2018 Nangka madu berbuah lebat Dalam video ini akan kami perlihatkan hasil pohon nangka berbuah lebat dan sampai mentuh tanah Cara Budidaya Nangka Agar Cepat Berbuah BUKTIKAN bungabungacoidbudidayanangka 8 Ags 2019 Dengan budidaya tanaman nangka secara benar maka buah nangka akan cepat berbuah lebat serta memiliki rasa yang manis dalam NANGKA PENDEK Di HALAMAN RUMAH BERBUAH LEBAT 23 Jun 2019 Pohon nangka yang ditanam 4 tahun sudah 3 kali musim berbuah Pohon pendek daunya banyak serta yang lebih utama berbuah cukup Cara Pemupukan Nangka Agar Cepat Berbuah IlmuBudidayacom ilmubudidayacomcarapemupukannangka 5 Des 2018 Cara Pemupukan Nangka Agar Cepat Berbuah harus dilakukan dengan baik dan benar agar produktivitas tanaman tidak terganggu Bibit nangka mini unggul Shopee Indonesia shopeecoidBibitnangkaminiungguli6 1662002593 Pohon nangka mini itu tingginya cuma 400 cm dengan diameter batang paling bawah 7 cm berbuah cuma dalam 912 bln dapat berbuah lebat sekali Pohon Nangka Ajaib Tanpa Daun Tapi Berbuah Lebat VIVA 26 Okt 2019 VIVA Nangka bukan buah yang asing lagi bagi warga Indonesia di mana kita mudah sekali menemukannya Begitu juga dengan pohonnya .


Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Nangka pohon nangka berbuah banyak adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Nangka pohon nangka berbuah banyak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close
WhatsApp Stokbibit