Kersen buah kersen atau cherry

6:50:02 Kersen atau talok (Muntingia calabura L.) adl sejenis tanaman sekaligus buahnya yang kecil dan manis berwarna merah cerah. Di bbrp daerah, seperti di Jakarta, buah ini juga dinamai ceri (untk ceri yg sbnrny, lht artikel ceri).

Dalam Bahasa Madura, buah ini dsbt "kersen" baleci. Nama-nama lainnya di beberapa negara adl datiles, aratiles,manzanitas (Filipina); mât sâm (Vietnam); khoom sômz, takhôb (Laos); takhop farang (Thailand); krâkhôb barang (Kamboja); & kerukup siam (Malaysia).

Jg dikenal sbg capulin blanco, cacaniqua, nigua, niguito (bahasa Spanyol); Jamaican cherry, Panama berry, dan Singapore cherry (Inggris). Orang Belanda dl menyebutnya Japanse kers ("ceri jepang"), yang lalu dr sini diambil mnjd kersen dalambahasa Indonesia atau ada yang mnybtnya ceri.

Daun Kersen mengandung zat antioksi& alami sehingga bs mnghmbt pertmbhn sel kanker dalam tubuh manusia. Di desa Mojodeso, Kecamatan Kapas, Kab. Bojonegoro, daun Kersen diolah oleh Adib Nurdiyanto menjadi teh herbal. Dikemas dalam botol siapminum, teh daun Kersen ini mnjd mnmn herbal yangdigmr para remaja.

Pemerian
Perdu atau pohon, tinggi smp 12 meter, meski umumnya hny sekitar 3-6 meter saja. Hijau abadi& terus menerus berbunga dan berbuah spnjng thn.
Cabang-cabang mndtr, menggantung di ujungnya; membentuk naungan yang rindang. Ranting-ranting berambut halus brcmpr dg rambut kelenjar; dmkn pula daunnya.
Daun-daun trltk mndtr, berseling; helaian daun tdk simetris, bundar telur lanset, tepinya bergerigi & berujung runcing, 1-4 × 4-14 centimeter, sisi bawah berambut kelabu rapat; bertangkai pendek. Daun penumpu yg sblh meruncing bentuk benang, lk. 0,5 cm, agak lama lalu mengering & rontok, sementara sblh lagi rudimenter.

Bunga dalam berkas, berisi 1-3(-5) kuntum, terletak di ketiak agak di sblh atas tmbhnya daun; bertangkai panjang; berkelamin dua & berbilangan 5; kelopak berbagi dlm, taju meruncing bntk benang, berambut halus; mahkota bertp rata, bundar telur terbalik, putih tipis, gundul, lk. 1 cm. Benang sari berjumlah bnyk, 10 smp lebih dr 100 helai. Bunga yang mekar menonjol keluar, ke atas helai-helai daun; nmn setelah mnjd buah menggntng ke bwh, tersembunyi di bawah helai daun. Umumnya hny satu-dua bunga yg mnjd buah dlm tiap berkasnya.

Buah buni bertangkai pnjng, bulat hmpr smprn, diameter 1-1,5 cm, hijau kuning dan akhirnya merah apabilamasak, bermahkota sisa tangkai putik yg tdk rontok srp bintang hitam bersudut lima. Berisi beberapa ribu biji yang kecil-kecil, halus, putih kekuningan; terbenam dlm daging & sari buah yang manis skl.

Selain itu, buah kersen jg dapat dgnkn untuk obat penyakit asam urat, diabetes, dan masih bnyk lg.

Hasil, ekologi dan penyebaran
Buah kersen disukai terutama oleh anak-anak, burung & codot. Anak-anak sklh srng memanjat pohonnya, meninggalkan bekas-bekas brp ranting yang berpatahan & kulit batang yang terkelupas. Buah ini jg dapat dijdkn selai. Di Meksiko, buah kersen dijual di pasar.Pohon kersen di Indonesia mudah ditemukan. Biasanya tanaman ini dijadikan tmpt teduh bagi tukang becak di Indonesia.

Kayu kersen lunak dan mudah kering, sangat brgn sbg kayu bakar. Kulit kayunya yg mdh dikupas dgnkn sbg bhn tali & kain pembalut. Daunnya dpt dijdkn smcm teh.

Burung-burung pemakan buah, sprt klmpk merbah & burung cabe, sering mngnjng tanaman ini di waktu siang untuk memakan buah atau sari buahnya yg manis. Di waktu hari gelap, berganti aneka varietas kelelawar pemakan buah yang dating dg tujuan yang sama. Bj kersen tidak tercerna oleh burung & codot, karena itu kedua kelompok hewan ini sekaligus bfngs sebagai pemencar bijinya.

Pohon kersen khususnya brgn sebagai pohon peneduh di pinggir jalan. Tanaman kecil ini awalnya sering tmbh sebagai semai liar di tepi jln, selokan, atau mncl di tengah retakan tembok lantai atau pagar, & akhirnya tmbhdg cepat –biasanya dibiarkan saja– membesar sbg pohon naungan. Sbb itulah pohon kersen acapkali ditemukan di hwilayah perkotaan yg ramai & padat, di tepi trotoar & lahan parkir, di tepi sungai yang tdk terurus atau di tempat-tempat yang biasa kering berkpnjngn.

Krn sifat-sifat dan daya thnnya itu, kersen menjadi slh satu tumbuhan pionir yang paling banyak ditemukan di wlyh hunian manusia di daerah tropis. Berasal dr Amerika tropis (Meksiko selatan, Karibia, Amerika Tengah smp ke Peru & Bolivia), kersen dibawa masuk ke Filipina pada akhir abad-19, dan lalu dg cpt menyebar di slrh wlyh tropis Asia Tenggara.



Tidak hanya Mendukung COD, Kami juga sudah beberapa kali melakukan Export seperti ke Malayasia dan Cina seperti yang ada di Channel Youtobe stokbibit, Tak perlu kawatir tetap kami support pengiriman ke beberapa wilayah

Juga bisa ke Kab. Karawang Kab. Tuban Metro Nunukan Batubara Metro Kab. Semarang Pinrang Palopo Bireuen Luwu Timur Kab. Pemalang Kota Mojokerto Belitung Timur

Dan Kec lainnya Kec. Cisarua Kec. Sukahaji Kec. Lolomatua Kec. Dau Kec. Samarinda Ulu Banda Kec. Bengkalis Kec. Wenang Kec. Pakue Utara Kec. Lintau Buo Kec. Bajenis Kota Selatan Kalukku Kec. Tutur Kec. Teluk Mengkudu Kec. Teluk Betung Barat Kec. Kalitidu Kec. Siak Kecil Kec. Borobudur Kec. Nganjuk

Tag Kersen buah kersen atau cherry

Tag search: buah kersen atau cherry Kersen


Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Kersen buah kersen atau cherry adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Kersen buah kersen atau cherry"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close
WhatsApp Stokbibit