Tin buah tin dan manfaatnya

5:49:01

Tin atau Ara (Ficus carica L.) adl semacam tanaman pnghsl buah-buahan yg dpt dimakan yg berasal dariAsia Barat. Buahnya bernama sama. Nm "Tin" diambil dr bahasa Arab, juga dikenal dg nama "Ara" (buah ara / pohon ara) sdngkn dalam bahasa Inggris disebut fig (common fig; "tanaman ara umum"), sebenarnya msh trmsk kerabat tumbuhan beringin dr genus ygsm, yaitu Ficus.

Pemerian

Tumbuh di daerah Asia Barat, mulai dr pantai Balkan hingga Afganistan. Skrng dibudidayakan pula di Australia,Cile, Argentina, serta Amerika Serikat.

Habitus brp tumbuhan, besar dan dapat tmbh hingga 10m dg batang lunak berwarna abu-abu. Daunnya cukup besar dan berlekuk dlm, 3 atau 5 cuping.

Bunga tin tidak kelihatan krn terlndng oleh dasar bunga yg menutup sehingga dikira buah. Pnyrbkn dilkkn oleh sejns tawon khss, sm seperti serangga yang menyerbuki jenis-jenis Ficus lainnya.

Yang dsbt buahsebetulnya adl dasar bunga yang membentuk bulatan. Tipe ini khas untk semua anggota suku ara-araan (Moraceae). Buahnya berukuran pnjng tiga hingga 5 centimeter, brwrn hijau. Bbrp macam berubah wrn menjadi ungu jk masak. Getah yang diklrkn pohon ini dapat mengiritasi kulit.

Pemanfaatan

Buah tin dpt dimkn segar, dikeringkan, atau dibuat selai. Buah yang dipetik hrs sgr dimnftkn krn tdk dapat disimpan lama (mudah rusak). Di Bengali buah tin diolah sbg syrn.

Kaitan dengan literatur

Yahudi/Kristen

Tanaman ara merupakan pohon ketiga yg disebutkan di Alkitab Ibrani & Perjanjian Lama di Alkitab Kristen, stlh "pohon kehidupan" & "pohon pengetahuan tntng yg baik dan yg jahat".[1] Adam dan Hawa menyemat daun pohon ara dan membuat cawat untk menutupi tubuh mereka setelah mrk tahu, bhw mrk telanjang.[2]

Buah ara juga termasuk dftr makanan yang ditemukan dalam Tanah Perjanjian menurut Taurat (Ulangan 8). Yesus Kristus mengutuk sebuah pohon ara karena tidak menghasilkan buah (Markus 11:12–14).

Islam

Tanaman tin adalah slh satu dr dua pohon yg disebutmanfaatnya baik dlm Islam. Di Al Qur'an, salah satu surat dsbt dg nama ini (QS Surah At-Tinayat 1) krn Allah bersumpah atas nm buah/tumbuhan ini.



Tidak hanya Mendukung COD, Kami juga sudah beberapa kali melakukan Export seperti ke Malayasia dan Cina seperti yang ada di Channel Youtobe stokbibit, Tak perlu kawatir tetap kami support pengiriman ke beberapa wilayah

Juga bisa ke Balikpapan Hulu Sungai Tengah Luwu Manokwari Bone Luwu Pangkajene dan Kepulauan Bengkulu Utara Balikpapan Kab. Sekadau Tana Toraja Bantul Konawe Utara Bulukumba

Dan Kec lainnya Kec. Jatilawang Kec. Waru Kec. Paseh Kec. Duren Sawit Kec. VII Koto Sukasari Kec. Gudo Kec. Limo Kec. Tapung Kec. Blado Kec. Tanon Kec. Mandalle Kec. Pangkajene Kec. Pasie Raja Kec. Genteng Kec. Purworejo Kec. Matangkuli Sukoharjo4 Kec. Tangse Kec. Purwonegara

Tag Tin buah tin dan manfaatnya

Tag search: buah tin dan manfaatnya Tin


Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Tin buah tin dan manfaatnya adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Tin buah tin dan manfaatnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close
WhatsApp Stokbibit