Kepel buah kepel bisa dimakan

15:30:02 Tumbuhan kepel atau burahol (Stelechocarpus burahol) adalah tumbuhan pnghsl buah hdngn meja yg menjadi flora identitas Daerah Istimewa Yogyakarta dan di Tanah Pasundan yang juga dikenal sebagai Burahol. Buah kepel digemari puteri kraton-kraton di Jawa krn diprcy mnybbkn keringat beraroma wangi dan membuat air seni tidak berbau tajam.

Pemerian
Pohon tegak, tidak merontokkan daun scrserentak, tingginya mencapai 25 meter. Tajuknya teratur brbntk kubah meruncing ke atas (sprt cemara) dengan percabangan mendatar atau agak mendatar. Diameter batang utamanya mcp 40cm,brwrn coklat-kelabu tua smp hitam, yg scr khas tertutup oleh bnyk benjolan yang besar-besar. Daunnya brbntk lonjong-jorong sampai bundar-telur/bentuk lanset, berukuran (12-27) cm × (5-9) cm, brwrn hijau gelap, tidak berbulu, merontal tipis; tangkai daunnya mencapai 1,5 cm panjangnya. Bunganya berkelamin tunggal, mula-mula berwarna hijau kmdn berubah mnjd keputih-putihan, muncul pada tonjolan-tonjolan di batang; bunga jantannya terletak di batang sebelah atas dan di cabang-cabang yg lebih tua, berkumpul sbnyk 8-16 kuntum, diameternya mencapai 1 cm; bunga betinanya hanya berada di pangkal batang, diameternya mncp 3 centmeter. Buahnya dg 1-13lmbr daun buah bertipe mirip buah buni (berrylike ripe carpels), panjang tangkai buahnya mncp 8 centmeter; daun buah yang matang hamper bulat bentuknya, berwarna kecoklat-coklatan, diameternya 5-6 centmeter, perikarpnya berwarna coklat, berisi sari buah, dapat dimakan. Bijinyabrbntk menjorong, berjumlah 4-6 butir, panjangnya sekitar 3 centmeter, berat segar 62-105 g, serta bagian yg dpt dimkn sebanyak 49% dan bijinya 27% dr berat buah segar.

Manfaat
Buahnya yg matang dimakan dalam keadaan segar. Dsbtkan bhw dagingnya yg brwrn jingga dan mngndng sari buah itu mmbrkn aroma sprt bunga mawar brcmpr buah sawo pada ekskresi tubuh (sprt air seni, keringat, dan napas). dalam pengobatan, daging buahnya berfngs sebagaipeluruh kencing, mncgh radang ginjal dan menyebabkan kemandulan (sementara) pada wanita. Jadi, kepel ini oleh para wanita bangsawan dgnkn sbgparfum dan alat KB; di Jawa, penggunaannya secara tradisional trbts di Kesultanan Yogyakarta. Kayunya cocok untuk perkakas rumah tangga; batangnya yang lurus stlh direndam beberapa bln dlm air, dgnkn untuk bhn bangunan rumah dandiberitakan tahan lbh dari 50 thn. Kepel merupakan tumbuhan hias pohon yang indah, daunnya yang mncl scr serentak brbh dari merah muda pucat mnjd merah keunguan sebelum berubah lg mnjd hijau cemerlang. Perawakan pohonnya berbentuk silindris atau piramid dengan bnyk cabang lateral yang trssn scr sistematik, dan sifatnya yg kauliflor (cauliflory) mnmbh keindahannya.

Syarat Tumbuh
Kepel tumbuh liar pd tanah lembap & dalam, di hutan-hutan sekunder di Jawa. Dibddykn sebagai tanaman buah pd ketinggian mencapai 600 m dpl, & mau berbuah di Queensland. Jenis ini dapat tmbh baik di sela-sela rumpun bambu, yg di tmpt itu tanaman-tanaman lain tidak mampu bersaing.

Budidaya

Kepel umumnya diprbnyk dr bj yg diambil dari buah masak dan disemaikan scptnya. Penyetekan & pencangkokan sdh pernah dicb, ttp tdk berhasil. Benihnya dibersihkan dengan jln dicuci & dikeringkan di tempat teduh. Sebelum disemai benih diskarifikasi, ttp prkcmbhnnya msh membutuhkan wkt bbrp bulan. Lambat-laun persentase prkcmbhnnya tinggi juga. Prkcmbhnnya hipogeal, akar tunggangnya membengkak dan tidak brcbng untk beberapa wkt. Mula-mula semai itu tumbuh lambat. pada saat semai berdaun 3-5 helai, dipindahtanamkan ke dlm pot.Ketika tingginya mncp 0,5-1,0 meter bibit dipindahtanamkan ke lapangan dg jrk tanam 6-8 m. Fase yuwananya (vegetative phase, juvenile phase) berlangsung slm 6-9 tahun.

Pemeliharaan
Hama dan Penyakit

Belum ada laporan mengenai hama dan penyakit yg berbahaya, tetapi pohonnya hrs dijaga dari serangan kelelawar dan binatang pengerat.

Panen dan Pasca Panen
Buah kepel dianggap matang bl digores kulitnya trlht bagian bwhnya berwarna kuning atau coklat muda (jika berwarna hijau, buah msh blm masak). untk menjaga kualitas, buah kepel dibungkus 1-2 bln sebelum dipanen, mnggnkn anyaman bambu atau daun kelapa atau kantung plastik. Buah dikemas dlm keranjang atau karung dan hndknya diperlakukan dengan hati-hati; buah kepel dapat bertahan dismpn 2-3 minggu pd suhu ruang



Tidak hanya Mendukung COD, Kami juga sudah beberapa kali melakukan Export seperti ke Malayasia dan Cina seperti yang ada di Channel Youtobe stokbibit, Tak perlu kawatir tetap kami support pengiriman ke beberapa wilayah

Juga bisa ke Kutai Barat Bandar Lampung Kab. Kayong Utara Paniai Padang Kab. Kayong Utara Jeneponto Aceh Tamiang Boven Digoel Kab. Gorontalo Aceh Besar Aceh Timur Humbang Hasundutan Halmahera Timur

Dan Kec lainnya Kec. Kandanghaur Kec. Pulogadung Ciasem Kec. Talun Kec. Tambangan Kec. Tanjung Raya Kec. Pasean Kec. Siempat Nempu Hulu Kec. Cingambul Kec. Pangkur Kec. Perak Kec. Muara Sipongi Kec. Galis Kec. Kradenan Kec. Pangenan Kec. Puteri Betung Kec. Muara Tiga Kec. Medan Kota Kec. Babul Makmur Kec. Pulau Dullah Utara

Tag Kepel buah kepel bisa dimakan

Tag search: buah kepel bisa dimakan Kepel


Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Kepel buah kepel bisa dimakan adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Kepel buah kepel bisa dimakan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close
WhatsApp Stokbibit